SELAMAT DATANG DI BLOG PMII PK BUDI UTOMO MALANG & SELAMAT ATAS TERPILIHNYA KETUA RAYON JONG JAVA, SEMOGA SELALU KONSISTEN DALAM MENJALANKAN AMANAH YANG DIBERIKAN

Pidato sambutan ketua PMII

Jumat, 30 November 2012


Asslamualaikum Wr. Wb
Yang saya hormati,  Ketua Umum PMII Cabang kota Malang
Yang saya hormati,  segenap pengurus PMII Budi Utomo Malang
Yang saya hormati, segenap kader-kader baru PMII Budi Utomo dan peserta Pelatihan


Sahabat-sahabat yang berbahagia;
Marilah pada kesempatan yang baik dan Insya Allah, penuh berkah ini, sekali lagi kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena kepada kita masih diberikan nikmat kesempatan, nikmat kekuatan, dan semoga nikmat kesehatan untuk melanjutkan ibadah kita, karya kita, serta tugas dan pengabdian kita kepada masyarakat, bangsa, dan negara tercinta. Kita juga bersyukur ke hadirat Allah SWT karena pada malam hari ini dapat bersama-sama menghadiri acara MAPABA Komisariat Budi Utomo Malang yang ke IV di kota Batu malang.


Saya juga mengajak sahabat-sahabat se-pergerakan sekalian untuk menghaturkan shalawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan pengikut-pengikut Rasulullah, insya Allah, termasuk kita-kita semua sampai akhir zaman.


Sahabat-sahabat PMII yang sangat saya banggakan;
Sejak Tahun 1960 sampai hari ini, PMII terus tumbuh menjadi organisasi yang memproduksi kader secara terus-menerus. Dengan berlandaskan Islam Ahlusunnah wal jamaah sebagai landasan teologinya, sudah seharusnya PMII sebagai organisasi pergerakan mampu mendayung ditengah rotasi zaman yang serba kompleks dan berubah secara terus-menerus.


Sahabat-sahabat;
Membangun negara dan bangsa dengan populasi penduduk -+ 230 juta orang, letak geografis yang membentang dari Sabang sampai Merauke, dengan kompleksitas permasalahan dan tantangan yang kita hadapi tidak semudah membalik telapak tangan. Kita tahu semuanya itu diperlukan tekad yang membaja, kerja keras, persatuan dan kebersamaan seluruh rakyat Indonesia. Dalam konteks ini, saya berharap, PMII betul-betul menjadi motor penggerak, menjadi agent of change dan agent of development menuju kebangkitan dan masa depan bangsa yang lebih baik.


Sejak kelahirannya, pada tahun 1960, kemudian 3, 4, 5 tahun negara kita mengalami prahara politik. Dan PMII telah menunjukkan jasanya yang luar biasa. Demikian juga, sepanjang perjalanan. Oleh karena itu, kita tidak boleh hanya membanggakan prestasi masa lampau tapi mesti mengukir prestasi-prestasi terbaru di masa depan.


Sahabat-sahabati  yang saya banggakan;
Membangun paradigma gerakan memang sulit, bahkan sesulit membaca kenyataan yang semestinya menjadi pijakan paradigma itu. Gerakan manapun yang dibangun tanpa landasan kenyataan hanya akan menjadi korban sejarah atau, katakanlah, tidak pernah menjadi struktur apalagi sebuah peradaban.


Paradigma yang baik adalah paradigma yang mampu menjadikan sejarah sebagai bahan penyusun yang dipadukan dengan kenyataan hari ini. Sejarah memiliki peranan penting dalam penyusunan paradigma gerakan karena sejarah menyimpan masa lalu sebagai pijakan untuk menyusun masa kini dan masa depan. Jadi, dengan mengkombinasikan antara sejarah dan real-life hari ini, kita akan mampu membaca kenyataan secara baik dan benar sehingga kita tidak akan terjebak dalam kenyataan mediatik yang manipulatif dan menyesatkan.


Dengan selalu berangkat dari kenyataan real, kita akan mampu menangkap struktur apa yang saat ini sedang bergerak dan gerakan yang kita jalankan akan mampu memutus roda-gila (free-wheel) peradaban yang hegemonik.


Sahabat-sahabat PMII yang saya hormati dan saya banggakan;
Memang, saat ini orang selalu berfikir instan dan hanya mau melihat hasil tanpa mau melihat bagaimana sebuah proses terjadi untuk mewujudkan utopia. Sehingga benturan pertama bagi sebuah paradigma untuk berjalan adalah dampak jangka-pendeknya. Atau dengan kata lain, problem survival menuntut kita untuk meninggalkan pikiran-pikiran panjang kita. Paradigma gerakan harus mampu berkayuh di antara gelombang panjang dan gelombang pendek agar gelombang panjang tetap terkejar dan gelombang pendek tidak cukup kuat untuk menghancurkan biduk kita yang rapuh.


Sahabat-sahabat PMII yang saya hormati dan saya banggakan;
Paradigma menempati posisi yang sangat penting dalam gerakan sebagai pemandu-gerak. Diawali dengan pembacaan realitas masalah yang demikian kompleks, maka paradigma harus mencerminkan masalah sebenarnya yang tengah dihadapi oleh kita semua sebagai komunitas besar "bangsa" Indonesia. Tanpa diawali dengan pembacaan semacam ini, perdebatan paradigma pasti akan terjebak ke dalam logosentrisme yang sia-sia.

Sahabat-sahabta yang saya cintai dan saya banggakan;
PMII, selama 52  tahun usianya telah menghantarkan generasi berikut menuju tangga gerakan yang lebih tinggi. PMII tetap menjadi bagian dari tata peradaban bangsa yang memiliki kontribusi pembangunan yang tak dapat dielakkan.

Oleh sebab itu, paradigma gerakan PMII sudah seharusnya ditujukan untuk kemajuan (progress) komunitas besar dari mana ia berasal. Kemajuan dalam pengertian "naik-kelas" dari komunitas yang tidak dapat berbuat apa-apa, menjadi bersuara dan didengar oleh orang lain.

Dari situlah kerja-kerja gerakan adalah kerja-kerja sistem peradaban itu sendiri, sehingga para kader PMII memiliki gerakan dengan tingkat survival yang tinggi dan tidak terjebak dalam kenikmatan sesaat yang ditawarkan oleh sistem yang hendak diubahnya.

Sahabat-sahabat PMII yang saya hormati dan saya banggakan;
Akhirnya, PMII ke depan teruslah menjadi pelopor, pembaharu, dan satu elemen yang melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.


Dengan pesan dan harapan itu, melalui sarana PKM / Pelatihan Kader Madya maka sekali lagi, saya mengucapkan selamat melakukan konsolidasi kaderisasi secara nasional. Semoga apa yang sahabat-sahabat lakukan dapat memberikan kontribusi yang maha dahsyat, bukan hanya kepada PMII sendiri, bukan hanya kepada keluarga besar Nahdlatul Ulama, bukan hanya kepada umat Islam, tetapi juga kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai.

Sekian,

Wallahul Muwafiq Ila Aqwamit Thariq
Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Selamat datang di gubuk kecil kami "PMII PK BUDI UTOMO" Tangan terkepal dan maju kemuka

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia

Fans page